Polres Madiun– Bhabinkamtibmas BRIPKA Agus Kristajaya bersama Bhabinsa desa Ngepeh membantu petani membersihkan saluran irigasi di Desa Ngepeh Kecamatan Saradani, Kabupaten Madiun. Jumat ( 25/8/17) pagi.
“Kami bersama Kelompok Tani Desa Ngepeh bersama BHabinkamtibmas dan Bhabinsa desa Ngepeh membersihkan saluran irigasi sepanjang 400 meter di areal lahan mereka seiring dengan datangnya musim kemarau,” kata sdr. Yanto dari salah satu warga desa Ngepeh.
Menurutnya, pembersihan saluran irigasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi pertanian dalam menunjang program ketahanan pangan di Kabupaten Madiun khususnya desa Ngepeh.
“Mudah-mudahan air mengaliri areal sawah dengan baik karena irigasi pertanian sudah dibersihkan secara bersama-sama dan tidak ada lagi gangguan irigasi dalam pemenuhan kebutuhan air di sawah para petani,” katanya.
BRIPKA Agus Kristajaya Bhbainkamtibmas Polsek Saradan mengatakan petani sudah sangat berpengalaman dalam mengolah lahan pertanian, namun dengan pendampingan POLRI dan TNI diharapkan dapat membantu perawatan pemeliharaan tanaman padi menjadi lebih baik dan meningkatkan hasil panen.
“Misi pendampingan ini intinya mengajak petani untuk melakukan pengolahan lahan, perawatan tanaman, dan perawatan teknis pengairan, agar hasil produksi padi semakin meningkat,” tuturnya.
Dengan berbagai langkah tersebut, lanjut dia, pihak POLRI dan TNI berharap dapat meningkatkan hasil panen para petani, sehingga dapat menunjang program swasembada pangan nasional.
Sementara Ketua Kelompok Tani desa Ngepeh mengaku senang dengan bantuan anggota POLRI dan TNI yang membantu membersihkan saluran irigasi saat musim kemarau.
“Kelompok tani kami mengelola sawah seluas itu di Desa Ngepeh, sehingga dengan saluran irigasi yang lancar maka tanaman padi tidak akan kekurangan air dan diharapkan dapat meningkatkan produksi panen nanti,” katanya.(srd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here